Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bojonegoro mengadakan seminar dan lomba ekonomi kreatif di Desa Butoh Kecamatan Ngasem pada hari Rabu s/d Kamis, 11 s/d 12 Februari 2015. Acara ini bertujuan untuk (1) menggapai visi Kabupaten Bojonegoro 2015 “Sehat dan Cerdas” dengan ekonomi kreatif; (2) mengembangkan potensi Ds. Butoh Kec. Ngasem dan (3) mengajak masyarakat agar lebih semangat menciptakan peluang kerja di desa sendiri.

Dalam pelaksanaan acara ini, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bojonegoro bertindak sebagai narasumber pada hari pertama dalam seminar dengan menyampaikan materi Kajian Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Ds. Butoh yang disampaikan oleh Kasi Pengembangan Kewirausahaan dan dilanjutkan pada hari kedua, sebagai juri dalam lomba ekonomi kreatif dengan peserta dari perwakilan 4 dusun di Ds. Butoh dengan konsep lomba mempresentasikan proses serta hasil kreasi dan inovasi dengan memanfaatkan SDA dan SDM yang berasal dari dusun masing-masing.

Pada kesempatan ini para peserta saling berlomba menunjukkan hasil kreatifitas mereka. Ada yang membuat mie ayam pelangi, snack daun singkong, aneka keripik, rengginang singkong dan lain-lain yang kesemua bahan bakunya asli dari Desa Butoh. Diharapkan setelah mengikuti serangkaian acara ini, peserta tergugah dan mau mencoba menjadi wirausaha baru di Desa Butoh Kecamatan Ngasem sehingga  mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga pada khususnya dan kesejahteraan masyarakat Desa Butoh pada umumnya. (Bakti/UMKM)


By Admin
Dibuat tanggal 17-02-2015
541 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
73 %
Puas
0 %
Cukup Puas
12 %
Tidak Puas
15 %