Dalam rangka menumbuhkembangkan wirausaha baru yang terampil bagi masyarakat dilingkungan sekitar Industri Hasil Tembakau (IHT) dan/atau daerah penghasil bahan baku industri hasil tembakau, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan keterampilan pembuatan batik pewarna alam yang diselenggarakan pada hari Senin s/d Rabu, 16 s/d 18 Mei 2016 di Hotel Dewarna  jalan Veteran Bojonegoro.

Tujuan diadakannya pelatihan ketrampilan ini yaitu untuk mendidik masyarakat menjadi pelaku usaha agar dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan bermanfaat bagi masyarakat dilingkungan sekitar IHT dan/atau daerah penghasil bahan baku IHT di Jawa Timur. Ada 3 manfaat yang bisa diambil dari pelatihan ini yaitu 1. Bagi Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur adalah dapat memetakan kondisi potensi daerah untuk penumbuhan wirausaha baru. 2. Bagi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bojonegoro adalah menjaring tumbuhnya wirausaha baru di Bojonegoro khususnya dibidang pembuatan batik pewarna alam dan 3. Bagi peserta adalah membentuk jiwa berwirausaha, memperoleh pandangan dan kemampuan membaca peluang usaha, berperan dalam pengembangan potensi daerah serta meningkatkan sumber pendapatan.

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bojonegoro dalam kegiatan ini bertindak sebagai narasumber dengan materi Perkoperasian yang disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bojonegoro (Drs. Suharto, MM) serta materi Kewirausahaan yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pengembangan Informasi Bisnis (Lukito, S.Sos), sedangkan untuk materi keterampilan pembuatan batik pewarna alam disampaikan oleh narasumber dari Kabupaten Lumajang. Peserta dalam pelatihan ini difokuskan pada kelompok masyarakat yang berusia produktif (19 s/d 35 tahun) dengan jumlah sebanyak 50 orang. Direncanakan setelah dilaksanakannya pelatihan ini, peserta diambil 10 orang terbaik yang akan diikutkan dalam program magang di Kabupaten Lumajang selama 5 (lima) hari pada tahun yang akan datang. (Bakti / UMKM)


By Admin
Dibuat tanggal 23-06-2016
380 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
73 %
Puas
0 %
Cukup Puas
12 %
Tidak Puas
15 %